Rabu, 30 Januari 2013

Tak Seluruh Mobil Lawas Lemot

Pernahkah anda mencoba mengendarai sebuah kendaraan klasik?

Dalam hal ini penulis lebih sering mencoba kendaraan klasik. Sepertinya halnya Toyota Corolla 1973, Toyota Corolla 1975, Mitsubishi T120 1982, dan Fiat 125 S 1969 dll.
Dari sekian mobil yang sudah pernah penulis coba kendarai, Fiat 125 S 1969 yang dapat membuktikan kalau mobil lawas tak bisa responsif...
Kala itu penulis sedang mencoba mengeluarkan mobil ini keluar dari sebuah gang dekat rumah dengan berjalan mundur. Saat sedang mundur saya secara tidak sengaja melepas pedal kopling secara cepat alhasil bukan mesin yang mati namun roda belakang malah selip padahal struktur jalan kasar. Sesampainya dijalan raya penulis mencoba untuk agak kencang alhasil mobil tua ini membuktikan bahwa kemampuannya tidak kalah dengan mobil2 anyar. Dengan mesin yang sudah  mengusung teknologi Twincam dan kubikasi silinder 1600cc, kendaraan ini masih mampu melesat sampai 120km/hour dan ini pun belum mentok. So kalau boleh saya berpendapat ya jangan menganggap mobil lawas/klasik itu sebagai kendaraan yang boros dan tak bertenaga... buktikan dulu... hehehehe

3 komentar:

  1. tul...sy setuju.
    sy pemilik sedon toyota corona keluaran 81 dgn cc 1600. suatu ketika sy pernah mencobanya lari ngebut malam-malam di perjalanan sy ke daerah, mungkin speedometernya dah ngga bener milik mobil sy itu soalnya, dah nyalip berbagai xenia avanza mulai yang keluaran lama ampe seri yang baru belajar kenal jalan, izusu panther (di daerah sy mobil ini yg terkenal dengan kecepatannya), kijang lgx & sejenis, semua sy babat n suruh cium debu di belakang sy. hanya 1 yang bisa ngalahin corona sy, bmw seri terbaru (kebetulan dia sempet lama ngekor n nyorot2 pake lampu jauh, so sy ngalah biarkan dia lewat dengan agak susah payah!) yang bisa nyalip sy namun jarak tetap sy pertahankan.
    hanya, yang buat sy sadar akan "tua"-nya mobil sy ialah saat nginjek lubang di sela jembatan. mobil sy berbunyi keras karena lubangnya agak dalem (maklum speednya tinggi & sy agak kuatir ngerem dadakan). mendadak terasa di kaki sy berjatuhan lumpur2 & karat2 dai bodi..sy sadar bahwa mobil sy ini dah tua n sy tidak mau berguguran sendiri ntar onderdilnya...hahahaaa.
    intinya, bener bahwa mobil tua tak selamanya lemot...hanya karena menggunakan karbu, cenderung lebih boros dari mobil keluaran sekarang yg dah makai tehnik macam2 untuk efisiensi & kecepatannya.
    salam u/ admin, teruskan menulis tentang mobil lawas ini...sy support.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bikin kuisioner buat bukin tema tentang mobil tua aka mobil klasik

      Hapus